Dari Masa Ke Masa Toyota " Kijang " untuk Indonesia


InfoHiroIro - Toyota Kijang adalah sebuah kendaraan yang berawal dari tipe kendaraan Niaga yang kemudian berubah menjadi kendaraan Keluarga, dan paling dikenal dengan penjualan yang sangat bombastic di negara Indonesia , karena sangat digemari Oleh Keluarga Indonesia. 

Toyota yang dulunya adalah Toyoda, diambil dari nama keluarga pendiri perusahaan Toyota ini, Karena kurang menarik ketika di ucapkan , makanya berubah menjadi toyota. Toyota Kijang hadir di Indonesia sejak Tahun 1977. Varian dan Generasi Mobil ini dapat ditemukan dengan mudah di seluruh pelosok Tanah Air.

Tidak hanya ada di Indonesia saja untuk Kendaraan yang Komersial ini, ada di beberapa Negara antara lain :
  • Malaysia
  • Taiwan
  • India
  • Napal
  • Filipina
  • dan Afrika Selatan
tentunya dengan nama yang tidak sama yah, kalau di Malaysia ( Unser ) khusus Generasi ke -5 saja. Taiwan ( Zace ), India, Nepal dan Filipina ( Qualis ), Afrika Selatan ( Stallion dan Condor ) .

Malaysia 
Toyota Unser 


Taiwan 
Toyota Zace


India, Nepal dan Filipina
Toyota Qualis

Afrika Selatan
Toyota Stallion dan Condor


Kembali kedalam Pembahasan , Itu adalah Beberapa Kendaraan Toyota yang di Jual atau di Pasarkan di beberapa Negara Lainnya , selain di Indonesia.

Kita akan masuk Kedalam Tanah Air Kembali,

  • Generasi I Toyota Kijang
Pada tahun 1975 Toyota mengeluarkan kendaraan Pertamanya di dalam sebuah acara Pekan Raya Jakarta yang langsung disaksikan oleh Presiden Republik Indonesia. Yaitu Bapak Soeharto dan mantan Gubernur Jakarta Bapak Ali Sadikin.

Generasi 1 ini Berlangsung dari Tahun 1975 sampai dengan 1981, dengan Melawan Mitsubisi Colt dimasanya. dengan Bentuk Rangka Pikap 2 Pintu, ukuran Mesin 1.2 L ( 1,166 cc) Series 3K bensin dan Transmisi manual 4 Kecepatan.
Dengan peluncuran nya di Tahun 1975, total Produksinya berjumlah 1.168 Unit.
Mobil dengan kode Produksi KF10 ini dikenal oleh Masyarakat Indonesia sebagai Kijang Buaya, karena Modelnya, Jika kap mobil dibuka mirip dengan Mulut Buaya, dan Jika di buka Pintunya Bunyi Mendecit
.

  • Generasi II Toyota Kijang
Pada Tahun 1981, masuklah kedalam Generasi ke II kendaraan Toyota dengan nama Kijang. tidak jauh berbeda dengan kendaraan sebelumnya. Hanya saja di Generasi ke II ini kendaraan nya ditambah kapasitas mesinnya menjadi 1.300 cc ( naik 100 cc dari sebelumnya ). Kemudian dinaikkan lagi menjadi 1500 cc ( naik 200 cc).

dengan Kode Produksi KF 20,  ini dengan Bentuk Rangka Pikap 2 Pintu dan MPV 4 atau 5 Pintu , 
dengan Transmisi Manual 4 Percepatan. Pada Generasi I dikenal dengan Buaya , di Generasi ke 2 ini dikenal dengan Doyok.  

dengan dikembangkannya dan disempurnakan kembali mulai dari transmisi dan differential sekaligus menambah booster pada sistem Rem nyadi tahun 1983, selain itu juga pertambahan atau melakukan perubahan pada bagian mesin nya dengan memakai 5K tentunya dengan Kapasitas 1500 cc, namun tetap Irit.

  • Generasi III Toyota Kijang.
Di Generasi ini sih , kami sudah ada , jadi kami tahu betul kendaraannya, mulai dai bentuk dan juga memang banyak sekali penggunanya, bahkan sampai saat ini juga masih ada yang menggunakan kendaraan ini .

Memang sangat Bandel dan Juga bagus , kalau menurut kami. Generasi III Toyota Kijang yang mulai dari Masa Produksinya di tahun 1986 sampai akhir Produksinya di Tahun 1977. sangat - sangat berubah sekali di Generasi ke III ini dari segi Desain Bentuknya yang sudah mulai ada lengkungannya, di bandingkan dengan yang Generasi ke I atau Ke II.

di Generasi ke III ini , mulai lah Toyota Bertransformasikan dirinya dari Kendaraan Niaga Menjadi Kendaraan Keluarga , ya memang belum 100% mereka menjadi kendaraan Keluarga. Toyota Generasi ke III ini dengan Transmisi manual nya 5 Percepatan dan Otomatisnya 4 Percepatan , dengan Mesin 5K Bensin 1.5 L ( 1986 - 1995 ), dan 7K Bensin 1.8 L ( 1992 - 1996 ).

Selain itu Kendaraan ini Juga dikenal dengan memiliki beberapa Varian , diantaranya ada varian Commando dan Ranger .  Varian Komando memiliki Ciri 4 Pintu dengan berbagai pilihan , diantanranya :
  • Commando LSX ( Kf 50 : 5 Speed, Rem Cakram Depan )
  • Commando SSX ( Kf 40 : 5 Speed, Rem Cakram Depan )
  • Commando LX ( KF 50 : 4 Speed )
  • Commando SX ( KF 40 : 4 Speed )
Kalau untuk Varian Ranger , dia memiliki ciri 3 Pintu dengan Kode CHasisnya KF40, dan percepatannya 5 Speed (SSX), dengan Rem Cakram depan. di produksinya hanya 3 Tahun saja antara tahun 1987 sampai 1990.

Ini adalah Series untuk Kijang Commando LSX
Dengan 4 pintu 


dan ini Series / Varian Ranger SSX
Dengan 3 Pintu ( Sangat Jarang Di Indonesia )


Genarasi ke IV Toyota Kijang

Dengan Waktu yang tidak terasa 11 Tahun lamanya bertahan dengan berbagai rancangannya , Di Generasi ke IV ini dari Tahun 1997 sampai dengan 2004 , Kijang kembali mengelurkan Desain terbarunya , biasanya di Kami di kenal dengan Kijang Kapsul. 

di Generasi ke IV ini kijang mulai membedakan Mesin nya ada yang Series Bensin dan Series Diesel. dengan 2 Tipe Mesin untuk Bensin 1800cc Tipe 7K , dan Diesel 2400 cc Tipe 2L tanpa Turbo. 

ditahun 2000 Barulah Toyota memperkenalkan Mesin Bensin dengan sistem Injeksi lektronik atau dikenal dengan Nama EFI . bukan hanya itu saja desain Lampu pun berubah menjadi " Lampu Kristal ". Velg pun menggunakan alloy racing 15" bermerek Enkei, Seatbelt pada jok penumpang bagian tengah.

Pada generasi keempat inilah Kijang mulai diekspor ke manca negara dengan berbagai nama, kecuali untuk Brunei Darussalam yang tetap menggunakan nama Kijang, yaitu Malaysia dan Singapura (Toyota Unser), Filipina (Toyota Revo), Taiwan (Toyota Zace surf),Vietnam (Toyota Zace) dan Afrika Selatan (Toyota Condor 4x4)

Setelah Toyota Kijang Kapsul Minibus digantikan oleh Toyota Kijang Innova pada tahun 2005, Toyota Kijang Kapsul Pickup 1.800cc masih diproduksi hingga tahun 2007, dan Toyota Hilux Single Cabin 2.0 VVT-i diluncurkan sebagai penerus Toyota Kijang Kapsul Pickup 1.800cc

Series Kijang LSX (KF 82)


Series Kijang LGX (Facelift)



  • Generasi V ( 2004 - 2015 )
Di Generasi kali ini pun bisa dikatakan bukan Kijang , hanya saja memang Masih ada kata Kijangnya, jadi generasi ke V ini masih Evolusi dari Genersari Sebelumnya , karena Perubahannya yang Sangan Drastis dari Generasi Sebelumnya , Dengan Nama " Kijang Innova " Mungkin di antara kalian semua sudah Tahu kendaraan yang Satu ini. 

Toyota Kijang Innova ini merupakan Kategori Kelas Menengah , Bukan seperti yang Generasai Sebelumnya mengusung Basic Utility Vehicles ( Kelas Bawah ).

Kendaraan ini dipasarkan dengan konsep mobil keluarga atau jenis MPV, dengan bentuk bodi yang lebih aerodinamis beserta kenyamanan setaraf dengan sedan mewah. Posisi pengendaraan lebih akurat, letak shift knob terjangkau dan panel instrumen yang lebih user friendly. 

Kijang generasi ini dirancang dengan sistem Direct Ignition System (DIS) dan merupakan penerapan dari teknologi pedal gas tanpa kabel atau Throttle Control System-Inteligent dan dilengkapi oleh mesin membujur dengan penggerak roda belakang (Rear Wheel System). Menggunakan Suspensi Independen Double Wishbone dengan per keong pada bagian depan (Coil Spring) dan 4-link Lateral Rod Rigid Axle pada bagian belakangnya, Kijang generasi ini dapat meredam guncangan lebih nyaman. Chasis masih menggunakan Ladder Bar, selain itu dibagian kemudi. Pengendara dapat lebih akurat mengarahkan kemudi disetiap tikungan. Stabilitas arah kemudi lebih handal karena menggunakan model Rack-and-Pinion dengan Engine Speed Sensing Power Steering sehingga mobil mudah dikendalikan dalam kecepatan 120 km/jam pada tikungan S maupun belokan memutar 270 derajat sekalipun.

Berikut ini beberapa Keunggulan Toyota dari generasi sebelumnya .

1. Mesin VVT-I
2. Mesin Diesel D4D
3. Anti Maling
4. Single Belt
5. Pedal Gas Elektronik
6. Sensor Ultrasonic
  • Generasi VI ( 2015 - Sekarang )


Kembali lagi di Tahun ini All New Kijang Innova yang di launching atau di Pasarkan pada November 2015, di Hotel Fairmount, Jakarta. 

Dengan 2 Pilihan mesin, yaitu mesin bensin 2000 cc berkode 1TR-FE dengan teknologi Dual VVT-idan dengan Mesin Diesel 2.400cc berkode 2GD-FTV dengan intercooler dan VNT.

Berikut ini Fitur yang dimiliki Oleh Generasi Ke dua Kijang Innova :

1. Mesin dengan 1TR-FE Dual VVT-i
2. Mesin dengan 2GD-FTV Turbodiesel
3. Sistem Alarm
4. SRS Airbag dan Seatbelt with Force Limiter
5. ABS & EBD
6. Vehicle Stability Control
7. Hill Assist Control
8. Single Belt
9. Telescopic Steering Wheel
10. Pedal Gas Elektronic
11. Ultrasonic Parking Sensor
12. Corner Sensor
13. Shark Fin Antenna
 
Demikian lah , Informasi yang dapat Kami kumpulkan , semoga Bermanfaat untuk Kalian semua, dan Memang Toyota Masih Unggul dalam Penjualan dan Pemasaran Produk Di berbagai Negara.

Jelas saja , Pada Generasi I Sekitar 26.806 Unit , Generasi II Sekitar 84.068 Unit, Generasi III Sekitar 509.687, dan Generasi ke IV Sekitar 429.674. Diambil dari Wikipedia.

Salam,   

0 Response to "Dari Masa Ke Masa Toyota " Kijang " untuk Indonesia"

Post a Comment