Unit Katup ( Katup, Pegas Katup, Bos Katup dan Dudukan Katup )

Oia, sebelumnya kata Katupnya kami ganti dengan Valve ya, biar terbiasa nantinya kalian ketika mendengar kata Valve , itu artinya ya Katup atau Klep. Siap ? Laksanakan. Hehe ..

Unit Valve untuk membuka dan menutup saluran hisap disebut dengan Valve In dan untuk menutup dan membuka saluran buang disebut dengan Valve Ex. Susunan Pokok Bagian - bagian Utama dati Unit Valve.


Siap untuk membahasnya ? yu kita mulai dari sekarang, Bagian - Bagian unit dari Valve adalah Intake dan Exhaust, yang artinya adalah Katup Isap ( Valve In ), dan Katup Buang ( Valve Ex ).

Ayo, kita mulai belajar dan mempelajari Lebbih mendalam lagi dari Unit Katup.
  • Katup / Valve.
Katup dibedakan menjadi 2 macam, yaitu Katup Isap dan Katup Buang atau " Valve In " dan " Valve Ex ". untuk dapat membedakan antar Intake dan Exhaust kalian dapat lihat dari ukuran kepala Katupnya. Kalau kalian menemukan Kepala Katup yang besar diameter Kepala nya maka itu yang di namakan sebagai Katup IN, dan yang kecil itu adalah Katup EX. Hal ini bertujuan agar membuat efisiensi dalam campuran bahan bakar dan udara ke dalam Blok Cylinder.

Kepala Katup memiliki bentuk Kerucut dengan sudut 45 derajat, dan pada saat tertutup katup akan menempel dengan rapat pada dudukan katup. Batang Katup atau di kenal dengan nama Stem Valve untuk bergerak di dalam Bos Katup ( Valve Guide ). Pada ujung bagian atas terdapat alur untuk tempat pemasanagn Spring Retainer yang selanjutnya akan dikunci dengan penutup celah.
  • Pegas Katup / Spring Valve.
Merupakan Pegas Spiral yang berfungsi untuk menutup kembali katup / Valve setelah pelatuk Katup (Rocker Arm), bergerak menjauhi batang Katup. Spring Valve pada masing-masing katup ada 2 macam, yaitu Sping Valve bagian luar ( Valve Ex ), dan Spring Valve bagian dalam ( Valve In , yang memiliki tegangan berbeda.

Spring valve dibuat dari campuran baja chrom-vanadium sehingga memiliki ketahanan yang tinggi terhadap kelelahan. Gaya yang di perlukan untuk menutup katup oleh pegas tidak perlu tinggi tetapi cukup untuk menutup katup dengan rapat pada dudukannya dan dapat mengatasi gaya kelembapan mekanisme katup dengan gerakan cepat.
  • Bos Katup  
Bos Katup atau Jalan katup ( Valve Guide ) berfungsi untuk bantalan katup, di buat dari logam yang memiliki sifat penghantar panas yang baik dan tahan aus. Panas Batang Katup ( Stem Valve ) dapat dihantarkan oleh Bos Katup ke kepala silinder.

Pemasangan Bos katup pada kepala silinder dengan cara disusutkan. Caranya Kepala Silinder dipanaskan terlebih dahulu sehingga lubang tempat bos katup bertambah besar kemudian bos katup dipasanag dengan menekan.
  •   Dudukan Katup
Dudukan Katup pada kepala silinder berbentuk cincin yang di pasang dengan teknik tekan. Permukaan diasah dengan sudut kepala katup yaitu 45 derajat. Permukaan dudukan katup harus halus dan rapat sekali terhadap katupnya, agar tidak terjadi kebocoran. Antara dudukan katup dan kepala katup biasa dilakukan skuur / skiir Klep ( Valve Grinding ) dengan menggunakan amril pengasah untuk menghasilkan kerapatan.

Itulah yang dapat HITO ITO sampaikan untuk kalian semua, semoga ilmu yang kami bagikan bermanfaat untuk kalians semua, karena kami semangat maka kalian juga harus semangat.

Salam
 

0 Response to "Unit Katup ( Katup, Pegas Katup, Bos Katup dan Dudukan Katup )"

Post a Comment