Pengetian Chasis dan Jenis Chasis pada Kendaraan Ringan



INFOHIROITO - Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan pengetahuan kami dan juga apa yang kami tahu tentang Chasis, semoga Ilmu hari ini bermanfaat , selamat Membaca yah , 

Ingat Chasis yang kami share kali ini bukan Chasis yang lain yah , Tapi Chasis khusus untuk Kendaraan Ber-roda 4 atau dikenal dengan Nama Mobil.

Apa itu Chasis ?
Secara Definisi adalah sebuah rangka yang berfungsi sebagai penompang berat dan berat beban sebuah kendaraan, selain itu , menahan beban Mesin dan juga Penumpangnya. Biasanya chasis ini dibuat dari rangka Besi/Baja yangberfungsi memegang body dan mesin Engine dari sebuah Kendaraan. Syarat Utamayang harus terpenuhi adalah Material tersebut harus memiliki kekuatan untuk menopang beban dari kendaraan. Chasis juga berfungsi untuk menjaga agar mobil tidak Rigid, kaku dan tidak mengalami bending atau deformasi sewaktu digunakan.

Jenis - Jenis Chasis
  • Ladder Frame

Mengapa dinamakan demikian ? Karena, bentuknya Menyerupai Tangga. Ladder Frame adalah Chasis yang tertua dan banyak digunakan khususnya untuk kendaraan berbeban berat (Heavy Duty). Chasis ini juga terbuat dari material Baja simetris atau model balokyang kemudian diperkuat dengan crosmembers dan joint joint. Untuk beberapa Desain kadang Kala Ladder Frame diberi perkuatan Besi menyilang agar tetap terjaga kekakuan strukturnya.(Gambar dari Presskogyo.co.jp)
  •  Monocoque Chasis

Chasis ini biasanya dikenal dengan Nama Monokok, Kekuatan utamanya ada pada lembaran - lembaran baja / Komposit yang disatukan atau diperkuat. Pada Jenis Chasis Monocoque biasanya di aplikasikan atau digunakan pada kendaraan Ringan, karena ada beberapa keuntungan , diantaranya Bisa menghemat pemakaian Bahan selain itu dapat mempersingkat proses produksi karena tidak perlu membuat chasis tambahan. (Gambar dari Carthrottle.com)
  • Tubular Space Frame
Pada Jenis Chasis ini menggunakan berbagai macam Balok atau Pipa yang dirangkai menjadi satu dan hampir menyerupai sendiri konstruksi kendaraan tersebut. Chasis ini biasanya banyak diaplikasikan dalam Dunia Balap mobil, Jenis ini sangat mudah untuk ditambah atau di desain ulang dengan diberi tambahan untuk memperkuatnya. Dalam struktur jenis ini sangat Penting untuk memastikan semua bidang ter triangulasi. Kekuatan pada chasis ini semua tergantung pada mutu dan kualitas sambungan las setiap sendi - sendinya. (Gambar dari petrolsmell.com)
  •  Backbone Chasis
Bermula dari membuat struktur depan dan belakangnya yang terhubung dengan sebuah rangka Tube yang melintang sepanjang Mobil. Tidak seperti Transmisi Tunel, Chasis Backbone ini hampir seluruhnya adalah struktur kaku dan dapat menahan semua beban. Terdapat beberapa Lubang yang Continue. Karena begitu sempit dindingnya, secara umum di buat dengan tebal. Chasis Backbone memiliki kekakuan dari luas area bagian backbone itu sendiri. (Gambar dari Grabcad.com).
  • Alumunium Space Frame
Pertama kali dikembangkan oleh perusahaan Mobil Audi ( Merupakan anak Dari Perusahaan Grop VW ). dan bersama dengan perusahaan pembuat alumunium Alcoa. Alumunium Chasis Frame dibuat untuk menggantikan Chasis Baja Monocoque karena , ingin menghasilkan sebuah rangka yang ringan. Chasis Alumunium Space Frame ini di klaim 40% lebih ringan dibandingkan dengan Baja Monocoque. Namun, 40% lebih kaku /Rigid. ( Gambar dari volswagenag.com)

Kesimpulannya adalah , Chasis adalah sebuah Rangka yang berfungsi sebagai penopang berat pada kendaraan
Demikian, yang dapat Kami share , tentang Chasis pada Kendaraan Ringan. Semoga Ilmu nya bermanfaat untuk kalian , karena kami akan selalu Berusaha untuk memberikan pengetahuan yang tentunya membantu kalian semua dalam Belajar.

Salam,

0 Response to "Pengetian Chasis dan Jenis Chasis pada Kendaraan Ringan"

Post a Comment